Belajar Peduli Bumi Sejak Dini Melalui Pendidikan Lingkungan
Posted on December 21, 2009 by MEPOW
Permasalahan-permasalahan
tentang kelestarian lingkungan hidup sekarang semakin banyak
diperbincangkan karena masyarakat sudah mulai menyadari kondisi
lingkungan sekitar mereka yang semakin memburuk dan terus menurun
meskipun berbagai upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan telah
banyak dilakukan.
Yang menjadi pertanyaan, mengapa
kerusakan lingkungan terus terjadi? Salah satunya disebabkan oleh
tingkat kesadaran dan kepedulian yang rendah, juga ditunjang oleh
kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya lingkungan hidup.
Dalam rangka meningkatkan kesadaran
mengenai pelestarian lingkungan maka perlu adanya upaya penyadartahuan
kepada masyarakat sejak dini. Kenapa? Karena anak-anak khususnya pelajar
sekolah (SD,SMP,SMA), akan memberikan kesempatan untuk membangun
pemahaman yang mereka peroleh sendiri melalui penyelidikan pemikiran
mereka sendiri. Dikaitkan dengan pengalaman langsung, para pelajar
ditantang untuk menggunakan kemampuan berfikir yang lebih tinggi.
Sehingga anak-anak sekolah dapat dipilih untuk menjadi target utama
karena mereka mulai memasuki dunia pendidikan secara formal, masih
memiliki pemikiran yang murni/polos, belum banyak dipengaruhi pendapat
luar serta sudah mulai belajar mandiri. Pendidikan Lingkungan yang
dilaksanakan disini tidak hanya mengenal lingkungan sekitar kita, tetapi
belajar bagaimana mengetahui permasalahan dan bagaimana memecahkan
permasalahan tersebut, selain itu belajar bagaimana bekerjasama dan
bertanggung jawab melalui berbagai macam kegiatan.
Dengan adanya pendidikan lingkungan untuk
anak-anak diharapkan anak-anak dapat menerapkan untuk dirinya sendiri
maupun memberikan contoh bagi orang dewasa. Dimana anak-anak mulai
belajar apa itu kognitif (ketajaman pemikiran), motorik (Kepekaan
gerak), dan affective (kepekaan emosi) terutama dalam hal menjaga
kelestarian alam.
Mulai berkembangnya model-model
pendidikan lingkungan dengan berbagai metode dan tema-tema yang menarik,
pendidikan lingkungan sudah sepantasnya dikembangkan untuk mendukung
upaya penyadartahuan masyarakat tentang arti penting lingkungan hidup
dan kelestarian keanekaragaman hayati di bumi. Pihak-pihak terkait
terutama pemerintah menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan
pendidikan lingkungan di sekolah-sekolah. Sampai sekarang pendidikan
lingkungan yang sudah terlaksana secara umum dilaksanakan oleh LSM-LSM
dan sekolah-sekolah secara swadaya tanpa dukungan dari pemerintah. Layak
kita tunggu perkembangan selanjutnya pendidikan lingkungan diseluruh
wilayah Indonesia dengan atau tanpa dukungan pemerintah.
Bagaimana dengan
sekolah-sekolah disekitar anda apakah sudah menerapkan pendidikan
lingkungan? Mari kita berbagi pengalaman disini.
Wayang
kardus, melestarikan budaya, belajar memanfaatkan barang bekas, dan
belajar tentang lingkungan dengan cerita-cerita wayang yang bertemakan
lingkungan.
Dokumentasi : oleh Yayasan Kanopi Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar