Minggu, 16 Februari 2014

Belajar Peduli Bumi Sejak Dini Melalui Pendidikan Lingkungan


6 Votes

Permasalahan-permasalahan tentang kelestarian lingkungan hidup sekarang semakin banyak diperbincangkan karena masyarakat sudah mulai menyadari kondisi lingkungan sekitar mereka yang semakin memburuk dan terus menurun meskipun berbagai upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan telah banyak dilakukan.
Yang menjadi pertanyaan, mengapa kerusakan lingkungan terus terjadi? Salah satunya disebabkan oleh tingkat kesadaran dan kepedulian yang rendah, juga ditunjang oleh kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya lingkungan hidup.
Dalam rangka meningkatkan kesadaran mengenai pelestarian lingkungan maka perlu adanya upaya penyadartahuan kepada masyarakat sejak dini. Kenapa? Karena anak-anak khususnya pelajar sekolah (SD,SMP,SMA), akan memberikan kesempatan untuk membangun pemahaman yang mereka peroleh sendiri melalui penyelidikan pemikiran mereka sendiri. Dikaitkan dengan pengalaman langsung, para pelajar ditantang untuk menggunakan kemampuan berfikir yang lebih tinggi. Sehingga anak-anak sekolah dapat dipilih untuk menjadi target utama karena mereka mulai memasuki dunia pendidikan secara formal, masih memiliki pemikiran yang murni/polos, belum banyak dipengaruhi pendapat luar serta sudah mulai belajar mandiri. Pendidikan Lingkungan yang dilaksanakan disini tidak hanya mengenal lingkungan sekitar kita, tetapi belajar bagaimana mengetahui permasalahan dan bagaimana memecahkan permasalahan tersebut, selain itu belajar bagaimana bekerjasama dan bertanggung jawab melalui berbagai macam kegiatan.
Diskusi melatih kemampuan berpikir dan keberanian anak-anak dalam mengemukakan pendapat
Dengan adanya pendidikan lingkungan untuk anak-anak diharapkan anak-anak dapat menerapkan untuk dirinya sendiri maupun memberikan contoh bagi orang dewasa. Dimana anak-anak mulai belajar apa itu kognitif  (ketajaman pemikiran), motorik (Kepekaan gerak), dan affective (kepekaan emosi) terutama dalam hal menjaga kelestarian alam.
Mulai berkembangnya model-model pendidikan lingkungan dengan berbagai metode dan tema-tema yang menarik, pendidikan lingkungan sudah sepantasnya dikembangkan untuk mendukung upaya penyadartahuan masyarakat tentang arti penting lingkungan hidup dan kelestarian keanekaragaman hayati di bumi. Pihak-pihak terkait terutama pemerintah menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan pendidikan lingkungan di sekolah-sekolah. Sampai sekarang pendidikan lingkungan yang sudah terlaksana secara umum dilaksanakan oleh LSM-LSM dan sekolah-sekolah secara swadaya tanpa dukungan dari pemerintah. Layak kita tunggu perkembangan selanjutnya pendidikan lingkungan diseluruh wilayah Indonesia dengan atau tanpa dukungan pemerintah.
Bagaimana dengan sekolah-sekolah disekitar anda apakah sudah menerapkan pendidikan lingkungan?  Mari kita berbagi pengalaman disini.
Wayang kardus, melestarikan budaya, belajar memanfaatkan barang bekas, dan belajar tentang lingkungan dengan cerita-cerita wayang yang bertemakan lingkungan.
Belajar memanfaatkan sampah menjadi kompos
Belajar mengenal jenis-jenis tanaman alam melalui permainan warna-warni hutan
Belajar sambil bermain jaring-jaring makanan
Ikut berperan langsung dalam gerakan peduli lingkungan (penghijauan)
Dokumentasi : oleh Yayasan Kanopi Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar