Kamis, 06 Maret 2014

Menneg PPN/Kepala Bappenas, H. Paskah Suzetta membuka seminar Strategi Pembangunan Nasional Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup dalam rangka penyusunan rancangan awal RPJMN 2010-2014, pada Selasa (04/11), pukul 09.30 WIB, di Ruang SG 1-3, Gedung Bappenas.

Dalam sambutannya, Menneg PPN/Kepala Bappenas mengatakan bahwa ada dua masalah global yang sedang dihadapi dan mempengaruhi fokus program pembangunan lima tahun ke depan, yakni ancaman dampak perubahan iklim dan krisis keuangan global. Perubahan iklim menuntut untuk dilakukannya efisiensi dari penggunaan sumber daya dan melakukan inovasi teknologi. Krisis keuangan global menuntut untul lebih meningkatkan kemandirian dalam membangun dan kehati-hatian dalam memilih kebijakan dan strategi pembangunan.

"Untuk itu, dalam merencanakan pembangunan nasional lima tahun ke depan, kita sudah harus menyiapkan pijakan yang kuat, dengan dasar hukum yang jelas. Undang-undang Nomor 17 tahun 2007 tentang RPJP mengamanatkan bahwa pembangunan sumber daya alam dan lingkungan hidup harus berlandaskan kepada tiga prinsip yang saling terkait, yakni prinsip keseimbangan, kemanfaatan, dan keanekaragaman," tambah Menneg PPN/Kepala Bappenas.

Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, MSc., dalam laporannya mengatakan bahwa seminar hari ini merupakan wahana diskusi dalam mengumpulkan masukan dan aspirasi dari para pemangku kepentingan guna dijadikan landasan untuk merusmuskan strategi dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang lebih optimal.

Pembicara dalam seminar ini terdiri dari para pakar dalam bidang yang terkait dengan SDA dan LH. Topik yang akan dibahas terdiri dari: i) Daya dukung lingkungan untuk pertumbuhan ekonomi; ii) Ketahanan energi nasional dengan memanfaatkan potensi keanekaragaman sumber daya energi; iii) Sektor pertanian sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi dan penjamin ketahanan pangan nasional; iv) Membangun ekonomi kelautan secara terpadu dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber kekayaan laut secara berkelanjutan; dan v) Pengelolaan sumber daya air, hutan elstarim pengembangan hasil hutan non-kayu dan jasa lingkungan.

Dengan pembicara antara lain, Pakar Lingkungan Hidup, Prof. Emil Salim; Pakar Kelautan, Prof Dimyati Hartono; Pakar kehutanan, Prof. Chafid Fandeli; Pakar Pertanian, Dr. Yusman Syaukat; dan Pakar Sumber Daya Energi, Dr. Umar Said. Diskusi akan dipandu oleh Staf Ahli Menneg PPN Bidang Mitigasi dan Penanggulangan Bencana, Ir. Bemby Uripto, MSc. dan Staf Ahli Menneg PPN Bidang Revitalisasi Perdesaan, Pertanian dan Agroindustri, Dr. Ir. Dedi Masykur Riyadi, sebagai moderator.

[Biro Humas dan TU Pimpinan]
http://www.bappenas.go.id/berita-dan-siaran-pers/features/seminar-strategi-pembangunan-nasional-bidang-sumber-daya-alam-dan-lingkungan-hidup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar